DPRD Kaltim

Bagus Susetyo Sosper Pajak Daerah di Teritip, Warga Sampaikan Berbagai Usulan Pembangunan

113
×

Bagus Susetyo Sosper Pajak Daerah di Teritip, Warga Sampaikan Berbagai Usulan Pembangunan

Share this article
Anggota DPRD Kaltim Bagus Susetyo melakukan Sosialisasi Perda Pajak Daerah, di Kelurahan Teritip, Balikpapan Timur, pada Sabtu (7/10/2023).

BALIKPAPAN,suarabalikpapan.com-Ketua Fraksi Gerindra DPRD Kaltim, Ir H Bagus Susetyo, MM melakukan Sosialisasi Perda (Sosper) Nomor 1 Tahun 2019 tentang Pajak Daerah, di Kelurahan Teritip, Kecamatan Balikpapan Timur, pada Sabtu (7/10/2023) sore.

Dalam sosialisasi tersebut, anggota DPRD Dapil Balikpapan ini didampingi Ketua RT 47 Kelurahan Teritip Samsul Rizal, Ketua Pengurus Cabang Gerindra Balikpapan Timur Mugiati Utami, narasumber Kabid Pajak Daerah Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kaltim Masudi Arta dengan moderator Ramika Dilla. Anggota DPRD Kaltim Bagus Susetyo mengatakan, perda tentang pajak daerah ini sangat penting disosialisasikan kepada masyarakat tujuannya untuk memberi pemahaman tentang pentingnya taat membayar pajak, karena ketaatan masyarakat dalam membayar pajak selain dapat meningkatkan pendapatan daerah juga dapat meningkatkan pembangunan di daerah. Menurutnya 80 persen pembiayaan pembangunan baik di pusat maupun daerah berasal dari pajak yang dibayarkan oleh masyarakat.
“Maka dari itu kami mengajak kepada masyarakat untuk taat dalam membayar pajak, karena dari hasil pembayaran pajak itulah yang nantinya salurkan kembali kepada masyarakat baik dalam bentuk bangunan pemerintah maupun kegiatan lainnya,” kata Bagus Susetyo.
Sementara itu, narasumber Kabid Pajak Daerah Bapenda Kaltim Masudi Arta mengatakan, perda tentang pajak daerah ini ada beberapa macam yakni pajak kendaraan bermotor, biaya balik nama kendaraan bermotor, pajak bahan bakar kendaraan bermotor, pajak air permukaan serta pajak rokok.
“Jadi pajak yang dibayarkan ibu-ibu dan bapak-bapak akan dikembalikan pemerintah dalam bentuk perbaikan jalan, jembatan, fasilitas sekolah, kesehatan serta berbagai program untuk kepentingan Masyarakat,” kata Marsudi.
Dalam sesi tanya jawab anggota DPRD Kaltim Bagus Susetyo dan narasumber Marsudi Artha menjawab tuntas pertanyaan yang disampaikan peserta sosper. Diantaranya terkait sumur bor, pemasangan aliran listrik hingga perbaikan drainase untuk mengatasi banjir.(sb-01)    

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *