DPRD Kaltim

DPRD Kaltim Terima Kunker Pansus Raperda DPRD Kukar

25
×

DPRD Kaltim Terima Kunker Pansus Raperda DPRD Kukar

Share this article
Tenaga Ahli Pansus Penyelenggara Pendidikan Pancasila dan Wawasan Kebangsaan DPRD Provinsi Kaltim S. Roy Hendrayato berfoto bersama jajaran Pansus Raperda DPRD Kukar

SAMARINDA,suarabalikpapan.com–Tenaga Ahli Pan­sus Penyelenggara Pendidikan Pancasila dan Wawasan Kebang­saan DPRD Provinsi Kalimantan Timur S. Roy Hendrayato mener­ima kunjungan kerja Pansus Rap­erda DPRD Kabupaten Kutai Kar­tanegara, di Ruang Rapat Gedung E Lantai 1 Kantor DPRD Kaltim, pada Senin (23/10/2023).

Kunjungan tersebut sehubungan dengan adanya pembahasan Ran­cangan Peraturan Daerah (Raper­da) tentang Pendidikan Pancasila dan Wawasan Kebangsaan Kabu­paten Kutai Kartanegara. Untuk itu Pansus Raperda DPRD Kukar menyambangi DPRD Kaltim agar mendapatkan masukan dalam per­ancangan Raperda yang dimaksud.

“Pada prinsipnya, kami tenaga ahli dari Pansus Penyelenggara Pendidikan Pancasila dan Wawasan Kebangsaan mewakili Ketua Pansus dan anggota yang mana dalam hal ini keadaan reses. Kami menerima baik pertanyaan apapun yang dapat kami jawab terutama dalam proses pembuatan Perda tersebut mulai dari nol sampai akhir mendapatkan nomer daerah,” ucap Roy sapaan akrabnya.
Selanjutnya Ia mengharapkan terkait apa yang sudah dilak­sanakan DPRD Provinsi Kaltim dalam membuat Perda Pendidikan Penyelenggara Pancasila juga dapat diikuti oleh DPRD Kabupaten/Kota di Kaltim. Terlebih melihat kondisi saat ini, pemahaman mengenai Pan­casila mulai mengendor di kalangan generasi muda.
“Kami monitoring, mudah-mu­dahan seluruh daerah kabupaten/kota dapat melaksanakan Perda ini sedemikian rupa, untuk ke­pentingan menumbuh kembang­kan kembali Pancasila,” tutupnya berpesan. Selaras dengan itu, Ketua Pansus DPRD Kabupaten Kutai Kartanegara Betaria Magdalena pun mengakui seusainya perancangan Perda Pen­didikan Pancasila dan Wawasan Kebangsaan oleh DPRD Kukar, pi­haknya siap melakukan sosialisasi dan memberikan pemahaman ke­pada masyarakat.
“Kami ingin lebih cepat untuk menjadikan ini sebuah Peraturan Daerah. Jika redaksi dan muatanya sudah sesuai, kami ingin segera disahkan dan setelah itu akan segera kami sosialisasikan supaya masyarakat paham dan tau penting­nya Pancasila,” ujar Betaria.
Semangat tersebut bukan tanpa alasan, hal itu lantaran Betaria dan anggota DPRD Kukar lainnya men­ginginkan generasi muda penerus bangsa memiliki moral dan etika sesuai nilai-nilai Pancasila. Meski ditengah maju dan lajunya perkem­bangan teknologi saat ini.(adv/sb-01)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *