by

Gelar Sosper di Desa Olung, Yenni Salurkan Bantuan untuk Musala

TANA PASER,suarabalikpapan.com-Anggota Komisi IV DPRD Kaltim dari Fraksi PKB, Yenni Eviliana SE, melakukan Sosialisasi Perda (Sosper) Nomor 1 Tahun 2018 tentang Perlindungan dan Pemenuhan Hak Penyandang Disabilitas, di Desa Olung Kecamatan Long Ikis, Kabupaten Paser, pada Sabtu (24/7/2021).

Yenni Eviliana mengatakan, perda ini dibuat untuk melindungi disabilitas dari penelantaran, eksploitasi, pelecehan dan segala tindakan diskriminatif serta pelanggaran hak asasi manusia (HAM). “Pada saat kami Sosper banyak warga yang meminta adanya sekolah inklusi mulai tingkat SD hingga SMA di setiap kecamatan bagi anak-anak penyandang disabilitas,” kata Yenni.

Menurutnya, usulan tersebut akan ia sampaikan kepada instansi terkait yakni Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Paser dan Disdikbud Provinsi Kaltim. “Sosper sebelumnya sudah ada permintaan juga dari masyarakat terkait sekolah inklusi di tingkat SMP dan alhamdulilah dengan proses yang panjang Disdikbud Paser telah membuka saru sekolah inklusif,” akunya.

Yenni menegaskan,sesuai dengan pasal 9 dan 10 bahwa hak pendidikan bagi kaum disabilitas meliputi semua jenjang pendidikan. “Kami berharap akan bertambah lagi sekolah inklusi di 10 kecamatan di Kabupaten Paser sebab tidak sedikit anak-anak disabilitas di Paser,” akunya.

Selain itu, kata Yenni, ada juga keluarga dari orang dalam gangguan jiwa (ODGJ) yang mengeluhkan perawatan ODGJ hanya tiga bulan lalu dikembalikan kepada keluarganya. “Mereka berharap ODGJ ini  benar-benar sembuh barulah dipulangkan,” terangnya.

Ia berharap dengan adanya sosialisasi perda ini masyarakat dapat mengetahui bahwa penyandang disabilitas perlu mendapat bantuan dari pemerintah tanpa membeda-bedakan satu dengan yang lain. Diakhir sospernya, Yenni memberikan bantuan secara pribadi untuk pembangunan musala di Desa Olung.(sb-06)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita terkini