DPRD Kaltim

Pemerintah Harus Memperhatikan Pembangunan Daerah Sekitar IKN

29
×

Pemerintah Harus Memperhatikan Pembangunan Daerah Sekitar IKN

Share this article
Anggota DPRD Kaltim Rusman Ya'qub

SAMARINDA,suarabalikpapan.com-Kehadiran Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara diharapkan tidak menimbulkan kesenjangan lingkungan di daerah sekitarnya.

Hal itu disampaikan Anggota Komisi IV DPRD Kaltim Rusman Ya’qub kepada Deputi Bidang Sosial, Budaya, dan Pemberdayaan Masyarakat Otorita IKN Alimuddin, di Kantor DPRD Kaltim, belum lama ini.

Ia menyebutkan, Badan Otorita perlu memikirkan beberapa faktor penunjang pada daerah sekitarnya dan ini sesuai dengan harapan Pemprov Kaltim.

Politikus Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ini menegaskan kesenjangan yang dimaksud tepatnya mengenai kesenjangan lingkungan.

Rusman tak ingin setelah IKN resmi beroperasi terlihat mewah namun wajah lingkungan di luar wilayah IKN justru berbanding terbalik dengan megahnya daerah IKN.

“Kita tidak ingin nanti setelah beroperasi IKN dengan begitu asrinya setelah keluar dari wilayah itu justru morat-marit,” kata Rusman, belum lama ini.

Begitu pula tentang kawasan irisan perbatasan, menurutnya hingga saat ini daearah perbatasan sangat minim mendapatkan perhatian, terlebih mengenai sarana infrastruktur.

Ia mengharapkan agar Badan Otorita dapat menyikapi sejumlah kawasan perbatasan sehingga tidak terjadi kekhawatiran yang serupa.

“Saya rasa ini perlu kita sikapi bersama berkaitan masalah lingkungan ini,” tegas Rusman.

Ia mencontohkan kesenjangan yang kerap terjadi selama ini di Kaltim seperti sejumlah kemewahan di daerah lokasi perusahaan ternama namun jarang memperhatikan lingkungan sekitarnya.

Tentu bagi dia, ini tak ingin kembali terjadi ketika adanya IKN di Kaltim.

“Seperti beberapa perusahaan besar yang ada di Kaltim, wilayah perusahaannya sangat megah, tapi begitu keluar masih ada rumah yang tidak dialiri oleh jaringan listrik,” ujar Rusman. (adv/sb-01)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *