by

PKK Kutim Gelar Pelatihan Dasa Wisma

SANGATTA,suarabalikpapan.com-Tim Penggerak PKK Kabupaten Kutai Timur kembali melaksanakan pelatihan Dasa Wisma untuk lima kecamatan di Kutai Timur meliputi Kecamatan Sangatta Utara, Sangatta Selatan, Teluk Pandan, Rantau Pulung dan Bengalon.Pelatihan dibuka Staf Ahli Bidang Politik, Hukum dan HAM Drs Syahrir S Pd MAP, di Gedung Wanita Bukit Pelangi, pada Rabu (24/3/2020).
Dasa wisma adalah kelompok ibu berasal dari 10 KK (Kepala Keluarga) rumah yang bertetangga untuk mempermudah jalannya suatu program. Pengumpulan dana, kuesioner, tertib administrasi adalah beberapa contoh tanggungjawab ketua dasa wisma, untuk kemudian hasilnya diteruskan ke ketua PKK. Kegiatannya diarahkan pada peningkatan kesehatan keluarga. Bentuk kegiatannya seperti arisan, pembuatan jamban, sumur, kembangkan dana sehat serta pengobatan ringan, membangun sarana sampah dan kotoran.


Kelompok Dasa Wisma adalah kelompok yang terdiri dari 10-20 KK dalam satu RT. Setelah terbentuk kelompok, maka diangkatlah satu orang yang memiliki tanggung jawab sebagai ketua.
Diharapkan kepada semua peserta untuk dapat mengikuti pelatihan Dasa Wisma hingga selesai agar ilmu yang didapat bisa bermanfaat dan bisa di implementasikan di daerahnya masing-masing sehingga apa yang telah di programkan oleh pemerintah daerah dan pusat dapat terlaksana dengan baik.
“Nantinya apa yang bisa ditransfer, informasi apa pun nantinya yang diterima untuk bisa disampaikan kepada tetangga di sekitar lingkungan kita khususnya dan daerah lainnya agar informasi yang baik melalui pelatihan ini bisa bermanfaat,” harap Syahrir.
Lebihlanjut Syahrir mengatakan, dengan adanya pelatihan ini yang tadinya tidak tau maka dengan informasi yang positif maka kita semua akan tau betapa pentingnya Dasa Wisma dalam masyarakat.


Sebelumnya Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Kutim Hj Tirah Satriani SE MM mengatakan, bahwa TP PKK Kutim memiliki program prioritas atau unggulan yaitu menempatkan Dasa Wisma dalam rangka ikut mensukseskan program pemerintah Kabupaten Kutim dengan Gerakan Pembangunan Desa Mandiri dan Terpadu (Gerbang Desa Madu).
“Pelatihan Dasa Wisma ini merupakan momentum yang sangat penting untuk penguatan Dasa Wisma baik itu porgram kerja maupun kelompok Dasa Wisma yang ada di desa,” kata Bunda Tirah sapaan akrab Wakil Ketua PKK Kutim.
Selanjutnya Tirah menjelaskan, bahwa jumlah KK yang ada di Kabupaten Kutim sekitar 95.820 KK. Dengan jumlah tersebut maka jumlah kelompok Dasa Wisma yang harus dibentuk adalah sebanyak 4.793 kelompok.


“Untuk Kabupaten Kutim jumlah Dasa Wisma hingga saat ini baru sekitar 1.600 atau baru mencapai 33 persen. Mungkin hal ini dikarenakan masih kurangnya kesadaran dan pengetahuan masyarakat tentang Dasa Wisma serta masih kurangnya dukungan dari berbagai pihak tidak terkecuali pemerintah daerah tentang pengembangan kelompok-kelompok Dasa Wisma,” kata Tirah.
“Kita berharap kelompok-kelompok Dasa Wisma di Kutim dapat bertambah dan bisa berjalan dengan baik sesuai dengan funsi dan tugasnya,” harap Tirah.(Adv/sb-05)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita terkini