by

Polres Paser Amankan Pelaku Penipuan Gunakan Ponsel Curian

-Hukrim-162 views

TANA PASER,suarabalikpapan.com-Kasat Reskrim Polres Paser AKP Supriyadi, mengimbau kepada masyarakat Kabupaten Paser agar selalu waspada terhadap gangguan Kamtibmas selama Ramadan. Pasalnya belum lama ini unit Jatanras Satreskrim Polres Paser mendapat aduan masyarakat kehilangan 1 unit ponsel di halaman parkir salah satu fasilitas olahraga di Kecamatan Tanah Grogot.

Dari hasil pendalaman oleh petugas, ponsel yang hilang disalah gunakan pelaku pencurian, untuk melakukan aksi penipuan dengan cara menghubungi beberapa nomor kontak di ponsel tersebut untuk meminta sejumlah uang. “Ponsel yang hilang ternyata digunakan  pelaku untuk meminta sejumlah uang di nomor kontak ponsel tersebut,” ujar Supriyadi, kepada media ini, Selasa (19/4/2022).

Lanjut Supriyadi, dari aksi tersebut pelaku berhasil menipu korban sebesar Rp 1 juta lewat rekening pelaku. “Korban penipuan tersebut sempat mendatangi korban yang kehilangan ponsel untuk menanyakan apa benar meminta sejumlah uang kepadanya. Namun korban yang kehilangan ponsel mengaku tidak pernah,”ujarnya.

Dari hasil pengembangan poliisi berhasail mengamankan pelaku JI (17) beserta barang bukti 1 unit ponsel yang digunakan untuk melakukan aksi penipuan. “Usai diamankan oleh petugas dan dilakukan  interogasi ternyata pelaku masih dibawah umur dan mengakui bahwa semua perbuatannya,” ucapnya.

Karna pelaku masih dibawah umur kata Supriyadi, maka  polisi melakukan penanganan sesuai peradilan anak. “Orang tua pelaku siap bertanggung jawab sepenuhnya dan menyanggupi permintaan dari para korban sehingga perkara tersebut selesai dengan perdamaian dan tidak dilanjutkan ke proses hukum,” jelasnya.

Untuk itu, Supriyadi mengimbau apabila menemukan barang yang bukan miliknya segera melaporkan kepada pihak kepolisian.(sb-06)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berita terkini