by

Proses PAW dr Fahmi Fadli Menunggu Hasil Keputusan Mahkamah Partai

TANA PASER,suarabalikpapan.com-Pergantian Antar Waktu (PAW) Anggota DPRD Kabupaten Paser, dr Fahmi Fadli dari Fraksi PKB yang terpilih menjadi Bupati Paser pada Pilkada 2020  masih menunggu hasil keputusan Mahkamah Partai (MP).

Ketua KPU Kabupaten Paser, Abdul Qayyim Rasyid, mengatakan, ada beberapa hal yang perlu diverifikasi dan klarifikasi terhadap para calon pengganti yang memenuhi syarat (MS) sesuai PKPU No 06  Tahun 2017 dan PKPU No 06 Tahun 2019 serta proses verifikasi dan klarifikasi terhadap calon yang tidak memenuhi syarat (TMS) yang mengajukan keberatan ke Mahkamah Partai sedang berproses.

“Saat ini KPU Paser masih menunggu hasil keputusan Mahkamah Partai apabila telah keluar kami dari KPU Paser akan melanjutkan proses selanjutnya,” kata Abdul Qayyim Rasyid, kepada awak media, Rabu (28/4/2021).

Subtansi PAW, kata Qayyim, adalah calon yang MS akan diserahkan ke DPRD Paser untuk proses pelantikan. Apabila masih TMS maka KPU akan memverifikasi dan klarifikasi urutan suara selanjutnya di dapil yang sama agar MS.  Apabila tidak ada yang MS di dapil bersangkutan, maka akan diambil dari dapil yang berbatasan langsung secara geografis dengan dapil yang melakukan PAW .

“Jika terdapat dua dapil yang berbatasan langsung dengan dapil yang melakukan PAW diambil keputusan dasarnya yang memiliki penduduk yang banyak dan suara sah terbanyak dan semua itu diatur melalui PKPU No 06 Tahun 2017 dan PKPU No 06 Tahun 2019,” jelasnya.

Ia menegaskan, perlu dipahami dalam proses PAW  menggunakan aplikasi Sistem Informasi Manajemen Pergantian Antar Waktu (SIMPAW). Aplikasi ini sudah terintegrasi dengan perolehan suara Pileg 2019 dengan proses verifikasi dan klarifikasi runtutan dan step by step.

“Mengapa proses PAW ini berjalan cukup lama karena harus melalui runtutan atau step by step. Kita tunggu saja hasil dari Mahkamah Partai apapun keputusannya kami akan segera sampaikan nanti,” pungkasnya.(sb-06)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita terkini