by

Tingkatkan Pendapatan Daerah, H Baba Dorong Warga Rajin Membayar Pajak

BALIKPAPAN,suarabalikpapan.com-Sekretaris Komisi III DPRD Kaltim, H Baba, dari Fraksi PDI Perjuangan, melakukan sosialisasi Perda Nomor 01 Tahun 2019 tentang Perubahan Kedua Atas Perubahan Perda Provinsi Kaltim Nomor 1 Tahun 2011 Tentang Pajak Daerah, di Rumah Makan Cocom Batu Ampar Balikpapan Utara, Sabtu (05/6/2021) pukul 14.00 wita.

Dalam sosialisasi yang menerapkan protokol Kesehatan (prokes) tersebut, anggota DPRD Dapil Balikpapan ini didampingi narasumber  Muhammad Riza Permadi  dari Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Balikpapan dan Lurah Graha Indah Satrio Taufik.

H Baba menjelaskan, perda tentang pajak daerah ini sangat penting disosialisasikan kepada masyarakat untuk meningkatkan pendapatan daerah Provinsi Kaltim, khususnya Kota Balikpapan. Dalam perda ini, kata H Baba, ada beberapa macam pajak seperti pajak kendaraan bermotor, biaya balik nama kendaraan bermotor, pajak bahan bakar kendaraan bermotor, pajak air permukaan, serta pajak rokok.

“Kenapa kita harus sosialisasikan kepada masyarakat karena masih ada masyarakat yang belum paham tentang perda tersebut, semakin banyak masyarakat yang paham tentang perda ini, semakin banyak pula masyarakat untuk membayar pajak daerah dalam meningkatkan pendapatan daerah maka akan membantu keuangan Provinsi Kaltim,” ujar pria murah senyum ini. “Dari hasil pajak inilah kita dapat membangun kota Balikpapan, apalagi kita tahu persis Balikpapan adalah kota jasa, sehingga perlu mensosialisasikan  perda-perda yang berkaitan dengan pendapatan daerah,”ungkapnya.

Menurutnya, pajak yang dibayarkan oleh masyarakat akan disetor kepada Pemprov Kaltim melalui Badan Pendapatan Daerah (Bapenda). Pajak tersebut dimasukan ke kas daerah  untuk kegiatan pembangunan di Kaltim diantaranya jalan dan bangunan pemerintah dan kegiatan lainnya.

Sementara itu, Muhammad Riza Permadi dari STIE Balikpapan mengatakan, di dalam perda ini ada lima jenis pajak daerah yaitu pajak kendaraan bermotor, biaya balik nama kendaraan bermotor (BBNKB), pajak bahan bakar kendaraan bermotor (PBBKB), pajak air permukaan serta pajak rokok.

Dengan di lakukan sosialisasi Perda ini, diharapkan mampu meningkatkan pendapatan daerah. Sehingga pembangunan di Provinsi Kaltim khususnya di Kota Balikpapan dapat terus berkembang. Kegiatan sosialisasi ditutup dengan tanya jawab terkait Perda Tentang Pajak Daerah yang dijawab secara lugas oleh Anggota DPRD Kaltim H Baba dan narasumber Muhammad Riza Permadi.(sb-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berita terkini