by

Bagus Susetyo Ajak Masyarakat Rajin Membayar Pajak, Mampu Tingkatkan Pendapatan dan Pembangunan Daerah

BALIKPAPAN,suarabalikpapan.com- Ketua Fraksi Gerindra DPRD Kaltim, Ir H Bagus Susetyo, MM melakukan sosialisasi Perda Nomor 01 Tahun 2019 tentang Perubahan Kedua Atas Perubahan Perda Provinsi Kaltim Nomor 1 Tahun 2011 Tentang Pajak Daerah, di Aula Kantor Kelurahan Marga Sari, Balikpapan Barat, pada Minggu (6/6/2021) pukul 14.00 wita. Dalam sosialisasi tersebut, anggota DPRD Dapil Balikpapan ini didampingi narasumber Kepala Badan Pengelola Pajak Daerah dan Retribusi Daerah (BPPDRD) Balikpapan Haemusri Umar dan Lurah Marga Sari Ride SE.

Anggota DPRD Kaltim Bagus Susetyo mengatakan, perda tentang pajak daerah ini sangat penting disosialisasikan kepada masyarakat tujuannya untuk memberi pemahaman tentang pentingnya taat membayar pajak, karena ketaatan masyarakat dalam membayar pajak selain dapat meningkatkan pendapatan daerah juga dapat meningkatkan pembangunan di daerah. “Maka dari itu kami mengajak kepada masyarakat untuk taat dalam membayar pajak, karena dari hasil pembayaran pajak itulah yang nantinya salurkan kembali kepada masyarakat baik dalam bentuk bangunan pemerintah maupun kegiatan lainnya,” kata Bagus Susetyo.

Pada perda pajak daerah ini, kanjut Bagus ada beberapa macam yakni pajak kendaraan bermotor, biaya balik nama kendaraan bermotor, pajak bahan bakar kendaraan bermotor, pajak air permukaan, pajak rokok.

Sementara itu, Kepala BPPDRD Kota Balikpapan Haemusri Umar mengatakan, sosialisasi perda ini untuk memberikan pengetahuan kepada seluruh masyarakat, terkait dengan perubahan kedua peraturan daerah No 1 tahun 2019 tentang pajak daerah. “Pada masa pandemi Covid-19 masyarakat juga tahu dari SK gubernur yang disampaikan itu akan memberikan kemudahan kemudahan kepada seluruh masyarakat terkait dengan pemberian keringanan pembayaran pajak,” kata Haemusri.

Keringanan tersebut kata Haemusri, seperti pembebasan administrasi, denda admistrasi pajak kendaraan bermotor dan lain sebagainya. Hal ini harus di sosialisasikan sehingga masyarakat mendapatkan manfaat dari informasi ini. “Kami berharap dengan kegiatan sosialisasi ini akan memberikan pengaruh besar terhadap kepatuhan dalam membayar pajak, itu salah satu manfaatnya, kesadaran dalam membayar pajak inilah harapan kami kepada seluruh masyarakat karena perubahan kedua ini memberikan efek kepada pajak progresif kendaraan bermotor. Karena ada kenaikan pembelian kendaraan kedua, ketiga dan seterusnya pada satu jenis nama,” pungkasnya.(sb-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berita terkini