by

Ciptakan Pemerintahan yang Bersih dari Korupsi, Polres Paser Buka Layanan Pengaduan

-Hukrim-164 views

TANA PASER,suarabalikpapan.com-Kasus tindak pidana korupsi yang melibatkan ASN di Paser menambah catatan hitam bagi Pemerintah Kabupaten Paser. Setidaknya dalam 3 tahun terakhir Satreskrim Polres Paser berhasil mengungkap 6 kasus korupsi yang melibatkan oknum ASN.

Demikian diungkapkan Kasat Reskrim Polres Paser AKP Dedik Santoso di dampingi Kanit Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Polres Paser Ipda Andi Ferial, saat ditemui di ruangnya, kemarin. Ia mengatakan, setidaknya dalam 1 tahun Satreskrim Polres Paser berhasil mengungkap 2 kasus tidak pidana korupsi.

“Salah satunya yang baru-baru diungkap yakni kasus korupsi MTS serta kasus dana hibah yang dilakukan oknum dosen di salah satu sekolah tinggi di Paser,” kata Dedik, Selasa (9/11/2021)

Dedik mengatakan, pihaknya melalui Bagian Tipikor berupaya menciptakan pemerintahan yang bersih dari korupsi. “Kami mendapatkan terget dari pusat setidaknya 2 kasus pengungkapan, untuk menciptakan pemerintahan yang bersih dari korupsi dari tingkat desa sampai kabupaten,” akunya.

Dedik menuturkan berdasarkan SK Bupati Paser nomor : 120/2021 tentang pembentukan Satgas Pungli Kabupaten Paser. Tim Saber pungli yang terdiri dari Inspektorat Pemkab Paser, Polres Paser, Kodim 0904/Paser serta Kejari Paser telah mengadakan sosialisasi Saber Pungli tingkat kecamatan dan desa se-Kabupaten Paser.

Hal tersebut dilakukan guna melaksanakan pemberantasan pungutan liar secara efektif dan efisien, dengan mengoptimalkan pemanfaatan personil, satuan kerja, sarana prasarana yang berada di Pemerintah daerah. “Hal ini merupakan salah satu bentuk pencegahan dalam upaya pemberantasan korupsi di Paser,” ucapnya.

Sementara itu, Kanit Tipikor Polres Paser, Ipda Andi Ferial berharap peran serta seluruh komponen masyarakat dan perangkat desa agar mengawal dan mengawasi sistem pemerintahan daerah yang bersih dari pungli dan korupsi. Jika menemukan ada indikasi terjadinya korupsi segera dilaporkan.

“Konsultasi dan komunikasi kami terbuka untuk masyarakat umum, serta¬† pelapor akan kami lindungi dan rahasiakan identitasnya apabila menemukan indikasi tindak pidana korupsi dapat melaporkan ke Hotline : 082158092423Email :tipikorrespaser@gmail.com,” ucapnya.(sb-06).

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berita terkini