DPRD Kaltim

H Baba Gelar Sosialisasi Wasbang di Sepinggan, Ajak Warga Jaga Persatuan dan Kesatuan

26
×

H Baba Gelar Sosialisasi Wasbang di Sepinggan, Ajak Warga Jaga Persatuan dan Kesatuan

Share this article
Anggota DPRD Kaltim, H Baba (berdiri) melakukan Sosialisasi Wawasan Kebangsaan di Kompleks Perumahan Prona, RT 69 Kelurahan Sepinggan, Balikpapan Selatan, Jumat (3/3/2023) malam.

BALIKPAPAN,suarabalikpapan.com-Sekretaris Komisi III DPRD Kaltim, H Baba, dari Fraksi PDI Perjuangan, melakukan sosialisasi Wawasan Kebangsaan (Wasbang) di Kompleks Perumahan Prona, RT 69 Kelurahan Sepinggan, Kecamatan Balikpapan Selatan, Jumat (3/3/2023) malam.  

Dalam sosialisasi tersebut, anggota DPRD Dapil Balikpapan ini didampingi narasumber dosen Fakultas Hukum Uniba Johansyah SH, Tim Pendamping H Safaruddin, Ketua RT 69 Sepinggan Sujoko dengan moderator Siti Aminah.
Anggota DPRD Kaltim H Baba menjelaskan, Wawasan Kebangsaan ini sangat penting disosialisasikan kepada masyarakat, terutama 4 pilar kebangsaan yakni Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945 (UUD 45), Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) serta Bhineka Tunggal Ika. 
“Jadi sosialisasi empat pilar kebangsaan ini untuk menumbuhkan kembali kesadaran masyarakat dalam berbangsa dan bernegara,” kata H Baba.
Selain itu, menurutnya, wawasan kebangsaan ini sangat penting untuk memperkuat rasa persatuan dan kesatuan di lingkungan masyarakat dengan beragam suku, agama dan golongan agar hidup rukun. “Sekarang ini nilai-nilai kebangsaan yang tercantum pada Pancasila mulai terkikis oleh budaya luar dan kemajuan teknologi. Untuk itu, saya mengajak kepada ibu-ibu dan bapak-bapak untuk menjaga persatuan dan kesatuan,  hidup rukun dan saling menghormati diantara sesama masyarakat,” kata H Baba.
Sementara itu, narasumber Dosen Uniba Johansyah SH menjelaskan wawasan kebangsaan terdiri dari Pancasila, UUD 45, NKRI serta Bhineka Tunggal Ika.   Tujuan dari sosialisasi wawasan kebangsaan ini sebagai upaya mewujudkan nasionalisme yang tinggi dari segala aspek kehidupan bermasyarakat yang mengutamakan kepentingan nasional dari pada kepentingan perorangan, kelompok, golongan, suku bangsa dan daerah.
“Untuk itu, kita harus saling menghargai perbedaan. Sehingga perlu adanya kesadaran bela negara serta kesetiaan terhadap dasar negara kita Pancasila dan UUD 45,” ujarnya.   Menurutnya menjaga kedaulatan NKRI dengan semangat bela negara bukan semata tugas TNI dan Polri tapi juga seluruh masyarakat Indonesia. “Menjaga kedaulatan NKRI merupakan tugas kita semua bukan hanya TNI-Polri saja,” kata Johan.
Diakhir sosialisasi dilakukan sesi tanya jawab singkat terkait Wawasan Kebangsaan. Semua pertanyaan dijawab dengan lugas oleh anggota DPRD Kaltim H Baba bersama narasumber Dosen Uniba Johansyah.(sb-01)     

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *