DPRD Kaltim

Puji Setyowati Apresiasi Disdikbud Wajibkan Peserta PPDB Lampirkan Surat Bebas Narkoba

42
×

Puji Setyowati Apresiasi Disdikbud Wajibkan Peserta PPDB Lampirkan Surat Bebas Narkoba

Share this article
Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kaltim Puji Setyowati

SAMARINDA,suarabalikpapan.com-Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kaltim, Puji Setyowati mengapresiasi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kaltim yang mewajibkan peserta didik untuk melampirkan surat keterangan bebas narkoba saat Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB).

Ia mengatakan narkotika di lingkungan pendidikan atau sekolah sudah tidak dapat terelakkan, sehingga dapat merusak generasi bangsa dan lampiran bebas narkoba merupakan bentuk skrining awal bagi peserta didik.

“Jangankan di lingkungan sekolah, bahkan di perguruan tinggi saja kerap ditemukan narkoba. Ini menjadi kekhawatiran kita sendiri dalam meningkatkan SDM di Provinsi Kaltim,” ucapnya.

Bagi Puji, gagasan yang diciptakan Disdikbud Kaltim merupakan terobosan dan inovasi untuk menjauhkan generasi dari pengaruh buruk narkotika.

“Kalau memang daerah menginginkan sebuah SDM yang baik ke depannya maka dimulai dari lingkungan tertentu, seperti di pendidikan. Memberikan edukasi kepada mereka agar tidak terpengaruh pada hal-hal negatif,” jelasnya.

Terakhir, Puji meminta agar peserta didik tetap mendahulukan syarat pokok PPDB terlebih dulu, baru kemudian menambahkan lampiran surat kesehatan dan bebas narkoba.

“Kita menginginkan, bahwa dunia pendidikan di era sekarang harus betul-betul dilakukan pengawasan dan sosialisasi terhadap bahaya narkotika ini di lingkungan pendidikan,” harapnya.(adv/sb-01)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *