by

Simpan 2 Buah Senjata Api Rakitan, Polres Paser Amankan Tersangka S Warga Muara Kuaro

-Hukrim-1,607 views

TANA PASER,suarabalikpapan.com-Jajaran Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Paser mengamankan S (35) warga Desa Muara Kuaro, Kecamatan Muara Komam atas kepemilikan 2 buah senjata api rakitan, pada Senin (30/8/2021) sekira pukul 15.30 Wita.

Kapolres Paser AKBP Eko Susanto melalui Kasat Reskrim Polres Paser AKP Dedik Santoso, saat ditemui di ruangannya Rabu (1/9/2021) mengatakan, pihaknya  mendapatkan informasi dari warga setempat bahwa ada seseorang yang memiliki senjata api rakitan di sekitar Dusun Beras, Desa Muara Kuaro, Kecamatan Muara Komam.

Karena khawatir senjata api tersebut disalahgunakan, Satreskrim Polres Paser segera berkoordinasi dengan  Polsek Muara Komam untuk menuju TKP melakukan penggeledahan di kediaman tersangka.

“Dari hasil penggeledehan Kami mendapati 1 pucuk senjata api rakitan terbuat dari besi dengan gagang kayu dengan panjang sekitar 90 cm yang disimpan tersangka di kamar mandi. Kami juga menemukan 1 pucuk senjata api rakitan terbuat dari besi dengan gagang kayu sepanjang 70 cm  disimpan di bawah kolong rumah beserta 2 butir peluru kaliber 5,56 mm  disimpan di dalam tas plastik yang digantung di dalam rumah,” ujarnya.

Tersangka S dan barang bukti telah diamankan di Polres Paser untuk dilakukan proses lebih lanjut. Setelah dilakukan pemeriksaan, tersangka mengaku, senjata api rakitan tersebut digadaikan oleh temannya 2019 lalu dan tidak ditebus sampai saat ini sehingga senjata api itu menjadi miliknya.

“Kalau 2 butir peluru kaliber 5,56 mm dibelikan oleh temannya. Tersangka mengaku senjata api rakitan tersebut digunakan untuk berburu hewan di hutan. Ya meskipun dengan alasan berburu tetapi tidak dibenarkan karena senjata itu tanpa surat izin. Apalagi lagi senjata api rakitan,” terangnya.

Apabila terbukti bersalah tersangka S terancam hukuman penjara 12 tahun sesuai Undang-Undang Darurat Nomor 12 Tahun 1951 bersifat pidana mengenai kepemilikan senjata api illegal.(sb-06)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berita terkini