by

Sinkronisasi Tugas Kedewanan, Banmus DPRD Kaltim Kunker ke DPRD Balikpapan

BALIKPAPAN,suarabalikpapan.com-Badan Musyawarah (Banmus) DPRD Provinsi Kalimantan Timur melakukan kunjungan kerja (Kunker) Masa Sidang I/2021 ke DPRD Balikpapan, pada Kamis (21/01/2021). Kunker kali ini dalam rangka koordinasi untuk menunjang tugas dan fungsi kedewanan pada masa pandemi Covid-19.

Wakil Ketua DPRD Provinsi Kaltim Sigit Widowo, yang ikut dalam rombongan tersebut mengatakan, kegiatan ini merupakan agenda sharing informasi tentang program pembentukan Peraturan Daerah (Perda) Tahun 2021.

“Tujuan kunjungan kali ini untuk berkoordinasi terkait penjadwalan kegiatan di DPRD Balikpapan seperti penjadwalan kegiatan Badan Anggaran (Banggar), Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) serta kegiatan lainya,” ujar Sigit Wibowo di sela-sela pertemuan di ruang rapat paripurna Gedung Parlemen Balikpapan.

Ia mengungkapkan pada tahun 2020, pihaknya telah menyelesaikan pembuatan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) diantaranya Raperda tentang Rencana Zonasi Wilayah Pesisir dan Pulau-pulau Kecil (RZWP3K), Rencana Tata Ruang Kawasan Strategis Provinsi Kawasan Industri Oleochemical Maloy (Raperda KIO Maloy), serta Rencana Pembangunan dan Pengembangan Perumahan dan Kawasan Pemukiman (RP3KP). Kemudian melakukan revisi Raperda Revisi Perda Nomor 1/2012 tentang Retribusi Jasa umum, Jasa Usaha, dan Perizinan Tertentu, serta Raperda Sistem Organisasi Tata Kerja (SOTK).

“Ada beberapa Raperda yang akan kami sinkronisasikan dengan Undang-Undang Omnibus Law. Makanya kami berkunjung ke Balikpapan untuk mensinkronisasikan Raperda Kota Balikpapan supaya tidak tumpang tindih,” ujar anggota DPRD Kaltim Dapil Balikpapan ini.

Pada pertemuan tersebut menurut Ketua PAN Kaltim ini, DPRD Balikpapan sempat menyampaikan mengenai realisasi pembangunan SMK Negeri 7 di wilayah Balikpapan Barat.

“Untuk pembangunan SMKN 7 Balikpapan yang tertunda terus. Saya sudah kroscek ke Dinas Pendidikan Kaltim ada alokasi anggaran Rp 10 miliar di 2021. Mudah-mudahan tahap pertama dapat dilaksanakan pengerjaannya,” harap Sigit.

Sementara itu,  Wakil Ketua DPRD Kota Balikpapan Sabaruddin Panrecalle berterima kasih atas kunjungan dari DPRD Provinsi Kaltim ke DPRD Balikpapan.

“Kunjungan mereka untuk berkoordinasi terkait sinkronisasi mengenai beberfapa kebijakan DPRD kota Balikpapan terutama badan musyawarah. Saya pikir regulasi aturannya juga sama karena DPRD itu produk hukumnya juga sama di seluruh Indonesia,” ujar politikus Gerindra ini.

Pada kesempatan tersebut, kata Sabaruddin, Bapemperda sempat menanyakan mengenai Perda inisiatif DPRD maupun pemerintah Kota Balikpapan. Salah satunya mengenai Perda IMTN yang selalu dikeluhkan oleh masyarakat.

“Begitu juga dengan RTRW sebab Kota Balikpapan terus berkembang dan warganya terus bertambah sehingga sistem tata ruangnya juga sudah berubah sehingga perlu kita revisi kembali tata ruang itu,” kata Sabaruddin.

“Alhamdulillah anggota DPRD Kaltim Dapil Balikpapan semua dapat hadir dalam kegiatan kunjungan ini, berarti ini merupakan suatu bentuk kepedulian yang tinggi teman-teman DPRD Kaltim terhadap Kota Balikpapan,” pungkasnya.(rls/sb-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita terkini