DPRD Kaltim

Warga Antusias Ikut Sosialisasi Wasbang Yusuf Mustafa di Kelurahan Baru Tengah

38
×

Warga Antusias Ikut Sosialisasi Wasbang Yusuf Mustafa di Kelurahan Baru Tengah

Share this article
Anggota DPRD Kaltim Yusuf Mustafa berfoto bersama peserta Sosialisasi Wawasan Kebangsaan, di kawasan Jalan 21 Januari, RT 09 Kelurahan Baru Tengah, Kecamatan Balikpapan Barat, pada Sabtu (17/12/2022) sore

BALIKPAPAN,suarabalikpapan.com-Wakil Ketua Komisi I DPRD Kaltim, DR H Yusuf Mustafa SH MH, dari Fraksi Partai Golkar, melakukan Sosialisasi Wawasan Kebangsaan (Wasbang) di kawasan Jalan 21 Januari, RT 09 Kelurahan Baru Tengah, Kecamatan Balikpapan Barat, pada Sabtu (17/12/2022).

Dalam sosialisasi tersebut, anggota DPRD Dapil Balikpapan ini didampingi narasumber H Sugito SH, Drs H Sutarno dengan moderator Normayanna.

Anggota DPRD Kaltim Yusuf Mustafa menjelaskan, Wawasan Kebangsaan ini sangat penting disosialisasikan kepada masyarakat, terutama 4 pilar kebangsaan yakni Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945 (UUD 45), Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) serta Bhineka Tunggal Ika. “Jadi sosialisasi 4 pilar kebangsaan ini untuk menumbuhkan kembali kesadaran masyarakat dalam berbangsa dan bernegara,” kata suami dari anggota DPRD Balikpapan Hj Suwarni ini.

Selain itu, menurut Yusuf, wawasan kebangsaan ini sangat penting untuk memperkuat rasa persatuan dan kesatuan di lingkungan masyarakat dengan beragam suku, agama dan golongan agar hidup rukun. “Jadi tujuan wawasan kebangsaan ini adalah untuk mewujudkan kehidupan berbangsa dan bernegara yang rukun dengan berbagai perbedaan, baik suku, agama maupun golongan,” ujar Yusuf.

Ia juga berterima kasih kepada warga yang cukup antusias mengikuti sosialisasi wawasan kebangsaan sebab berhubungan erat dengan kehidupan sehari-hari seperti kehidupan bertetangga yang harus hidup rukun dan saling menghormati.

Sementara itu, narasumber H Sugito SH menjelaskan Wawasan Kebangsaan terdiri dari 4 pilar kebangsaan yakni Pancasila, UUD 45, NKRI serta Bhineka Tunggal Ika. “Wawasan kebangsaan adalah cara pandang suatu bangsa mengenai diri dan ideologinya, serta cita-citanya yang diorientasikan untuk memperkokoh dan menjaga persatuan dan ketahanan bangsa,” kata Sugito.

Sedangkan, tujuan dan sasaran wawasan kebangsaan jelas Gito panggilan akrab Sugito, diantaranya untuk mewujudkan bangsa yang kuat, rukun bersatu, berdaya saing tinggi, sejahtera, terjaganya sejarah kebangsaan Indonesia dan cinta NKRI, revitalisasi-reaktualisasi nilai-nilai Pancasila. “Jadi secara khusus meredam berkembangnya primordialisme kesukuan, kedaerahan serta mencegah disintegrasi bangsa,” ujar Gito.

Ia berharap kedepan nilai-nilai dalam Pancasila harus tetap dipertahankan sehingga tidak sekadar dihafal tetapi harus diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Seperti toleransi dan kebersamaan antar warga yang hidup bergotong-royong. “Indonesia terdiri dari beragam adat budaya, suku dan agama namun masyarakatnya tetap hidup rukun dan damai serta saling tolong menolong,” pungkas Gito. Disela-sela sosialisasi anggota DPRD Kaltim, DR H Yusuf Mustafa bersama narasumber H Sugito SH mencoba kemampuan para peserta sosialisasi untuk menghafal sila-sila dalam Pancasila. Bagi peserta yang bisa menghafal dengan benar diberikan hadiah berupa sembako. Diakhir sosialisasi dilakukan sesi tanya jawab singkat terkait Wawasan Kebangsaan. Semua pertanyaan dijawab dengan lugas oleh Wakil Ketua Komisi I DPRD Kaltim, DR H Yusuf Mustafa bersama narasumber H Sugito SH dan Drs H Sutarno.(sb-01)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *