by

Peristiwa Pembunuhan di Batu Sopang, Jual Emas Simpanan Ditolak ‘Parang Bicara’

-Hukrim-3,778 views

TANA PASER,suarabalikpapan.com-R (32)  warga Desa Pasar Batu, Kecamatan Muara Uya, Kabupaten Tabalong menimpas leher S warga Desa Busui, Kecamatan Batu Sopang menggunakan parang yang membuat S tersungkur lalu tewas di tempat. Peristiwa yang terjadi 11 Maret 2021 pukul 03.00 wita dini hari di Desa Busui, Kecamatan Batu Sopang  bermula ketika R menawarkan emas simpanan miliknya untuk dijual, namun ditolak oleh S. Lantaran tersinggung akhirnya R pulang ke rumah mengambil parang lalu datang menebas leher S.

Setelah peristiwa itu, istri S kemudian melaporkan aksi pembunuhan tersebut ke Polsek Batu Sopang yang kemudian langsung bergerak menuju TKP untuk menangkap pelaku R  di wilayah Muara Uya,  Tabalong, Kalimantan Selatan. Untuk menangkap pelaku, Polsek Batu Sopang berkoordinasi dengan Polsek Muara Uya.

Lalu Gabungan Jatanras Polres Paser, Jatanras Polres Tabalong, Reskrim Polsek Batu Sopang dan anggota Polsek Muara Uya  dipimpin  Kanit Pidum Polres Paser Iptu Suradin mendatangi rumah tersangka di Desa Pasar Batu, Muara Uya,  Tabalong. Pelaku berhasil diamankan sekira pukul 18.30 Wita.

Kapolres Paser AKBP Eko Susanto melalui Kasatreskrim AKP Dedik Santoso, menuturkan, bahwa pelaku tidak memberikan perlawanan saat ditangkap, pelaku juga bertindak kooperatif kepada kepolisian sehingga penangkapan berjalan lancar.

“Saat diamankan pelaku sedang berada di rumahnya. Pelaku bertindak kooperatif kepada kepolisian sehingga proses penangkapan tidak mengalami kendala,” aku AKP Dedik Santoso, kepada awak media, dalam rilisnya, Rabu (17/03/2021).

“Motif pelaku melakukan tindakan kekerasan karena merasa tidak terima dengan bahasa penolakan dari korban. Pelaku yang emosi pulang kerumahnya dan mendatangi kembali rumah korban pada dini hari. Saat sampai dirumah korban, pelaku  menggedor rumah korban, saat pintu terbuka pelaku langsung menebas leher bagian sebelah kiri korban. Pelaku sudah kami diamankan di Mapolres Paser untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya. Pelaku terancam hukuman 15 tahun penjara sesuai pasal 338 KUHP tentang Pembunuhan,” pungkasnya.(sb-06)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita terkini