by

Sempat Buron, Polisi Paser Tangkap Pelaku Penggelapan Sepeda Motor

-Hukrim-604 views

TANA PASER,suarabalikpapan.com-Setelah sebulan buron, akhirnya Polres Paser berhasil menangkap pelaku penggelapan motor (WI) alias Sandi (22). Pelaku ditangkap di Jalan MT Haryono,  Kelurahan Tanah Grogot, Senin (10/5/2021) pukul 18.30 Wita.

Kasat Reskrim Polres Paser AKP Dedik Santoso mengatakan, penangkapan tersangka berawal dari laporan Suwanto dan Zupriyadi ke Polres Paser dan Polsek Tanah Grogot. Mereka melaporkan sepeda motor miliknya dipinjam oleh WI untuk menebus emas yang akan digadaikan.

“Pelaku pada 6 April 2021 meminjam uang sebesar Rp1,5 juta terhadap korban dengan alasan untuk menebus kalung emas miliknya. Setelah diberikan uang oleh korban, tersangka berpura-pura menebus kalung tersebut. Kemudian kalung tersebut diserahkan kepada korban padahal kalung itu bukan kalung emas,”kata Dedik, kepada awak media, Minggu(16/5/2021).

Selanjutnya, tersangka kembali lagi ke rumah korban untuk meminjam uang Rp 4 juta dengan alasan untuk menebus emas batangan milik WI selaku tersangka yang digadaikan kepada temannya. Karena korban tidak percaya atas ucapan WI maka korban mengikuti WI.

Berbagai alasan dikatakan oleh WI, sehingga tak Kunjung bertemu dengan orang dimaksud. Korban meminta untuk diantar pulang, setelah sampai di bengkel motor Stadion Tapis tersangka menurunkan korban di lokasi tersebut. “Tersangka meminjam kembali sepeda motor milik Suwanto Yamaha Mio Soul warna hitam putih dengan No Pol KT-6114-EM dengan alasan yang sama,” jelasnya.

Setelah mendapatkan sepeda motor dan uang sebesar Rp5,5 juta WI melarikan diri ke Desa Haruai, Kecamatan Halong Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan. Untuk menghilangkan jejak, WI mengubah warna cat sepeda motor Mio tesebut. Ditangan tersangka polisi juga mengamankan barang bukti lain yakni satu unit sepeda motor Honda Grand. “Untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya tersangka telah ditahan ditahanan Polres Paser. Pelaku terancam penjara paling lama 4 tahun sesuai pasal 372 dan 378 KUHP dan pasal 378 KUHP,” pungkasnya.(sb-06)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita terkini